Apa yang Terjadi Kalau Mata Sampai Kena Zat Kimia?

Terpaparnya mata pada zat kimia bukanlah sebuah hal yang jarang terjadi. Sering kali penyampaian pada mata terjadi sebab kecerobohan atau ketidaksengajaan baik oleh kita sendiri atau yanng diakibatkan oleh orang-orang di dekat Anda. Seperti apa jenis cairan kimia yang mesti diwaspadai? Apa perbuatan yang mesti dilaksanakan ketika mata kena zat kimia? Artikel inilah ini akan menolong menjawab pertanyaan Anda.


Jenis-jenis zat kimia

Terdapat sekian banyak  jenis zat kimia yang bisa ditemukan pada alat-alat lokasi tinggal tangga, sejumlah di antaranya yaitu:
  • Asam sulfat pada baterai.
  • Asam asetat pada cuka.
  • Amonia pada cairan pembersih laksana karbol.
  • Magnesium hidroksida pada kembang api.
  • Kalsium hidroksida pada semen.
Selain tersebut tentu saja masih tidak sedikit lagi jenis zat kimia yang dapat masuk ke mata. Apa yang bakal terjadi sesudah mata kena zat kimia memang tergantung pada zat kimianya dan berapa tidak sedikit zat yang masuk.

Pertolongan kesatu saat mata kena zat kimia

Tindakan mula yang bisa Anda lakukan bilamana terkena atau mengejar orang yang terpapar zat kimia pada mata ialah mencuci mata kita dengan air bersih yang mengalir sekitar 10-15 menit. Jangan hanya dicuci sebentar!

Setelah Anda mencuci mata dengan air bersih, segera pergi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) atau klinik terdekat.

Pengobatan laksana apa yang bakal didapat?

Mata Anda bakal terlebih dahulu diserahkan obat tetes untuk meminimalisir nyeri yang dirasakan. Selanjutnya, mata akan dibersihkan menggunakan air steril sampai ke unsur atas dan bawah dari kelopak mata. Setelah dijamin tidak terdapat lagi zat kimia yang tersisa (dengan mengukur derajat keasaman), kita akan diserahkan obat tetes mata antibiotik dan kortikosteroid. Obat tetes lazimnya akan dipakai selama 7 hari.

Pengobatan ekstra lainnya

Setelah ditangani di klinik atau lokasi tinggal sakit, Anda barangkali perlu mengerjakan rawat jalan. Berikut ialah jenis obat-obatan yang mungkin diserahkan bila mata kena zat kimia.

  • Vitamin C tetes dan minum untuk menolong proses pengobatan jaringan.
  • Antibiotik minum (doxycyline) yang menolong mengurangi peradangan.
  • Acetazolamide minum bilamana ditemukan tanda penambahan tekanan bola mata.

Apakah penglihatan dapat terganggu?

Gangguan penglihatan yang terjadi sesudah terkena zat kimia bakal berbeda-beda pada masing-masing kasus. Ini tergantung dari jenis, jumlah, luas area, dan kecepatan penanganan sesudah terkena zat kimia. Secara garis besar, bilamana kornea kita masih jernih maka penglihatan kita tidak bakal terganggu.

Namun, bilamana kornea kita sudah pulang menjadi putih, lazimnya gangguan penglihatan yang didapat bakal menetap. Dalam sejumlah kasus yang parah, Anda dapat jadi kehilangan penglihatan alias merasakan kebutaan.

Apabila merasakan gangguan penglihatan, apakah masih bisa disembuhkan?

Tindakan operasi (keratoplasti) dapat dilaksanakan pada gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh kehancuran kornea. Tindakan ini baru dapat dilaksanakan paling cepat 6 bulan dari waktu terpapar zat kimia. Ini sebab keratoplasti baru bisa dilakukan bilamana sudah tidak terdapat lagi peradangan pada mata.

Konsultasikan pertanyaan atau keluhan kita langsung ke dokter mata untuk menangkal kondisi meningkat parah sekaligus guna mempercepat pemulihan. Tanyakan pun pada dokter apa saja pantangan yang mesti dipatuhi dalam masa penyembuhan sesudah mata kena zat kimia.
Apa yang Terjadi Kalau Mata Sampai Kena Zat Kimia? Apa yang Terjadi Kalau Mata Sampai Kena Zat Kimia? Reviewed by Mutia Olyvia on 19.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.