Tanda Mau Melahirkan : Tips Mempersiapkan Mental sebelum Melahirkan


Ada beberapa tanda mau melahirkan yang perlu dikenali oleh seorang ibu hamil. Beberapa contoh tanda melahirkan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sulit tidur, mudah lelah, kram perut semakin sering terasa, posisi bayi semakin turun, dan lain sebagainya. Jika tanda-tanda ini sudah terasa maka ibu hamil wajib wasada bahwa hari melahirkan sudah semakin dekat. 

Melahirkan menjadi salah satu momen yang mungkin tidak akan bisa dilupakan dalam hidup seorang wanita. Menikmati masa kehamilan dan akhirnya merasakan perjuangan melahirkan tentu memberikan kesan kuat dalam diri seorang wanita. Sayangnya, tidak sedikit calon ibu yang merasa tidak siap atau takut untuk menghadapi hari kelahiran. 

Melahirkan memang sebuah proses yang bisa dibilang penuh perjuangan. Namun perjuangan tersebut akan terbayar setelah anda bisa melihat wajah si kecil. Oleh karena itu, bagaimanapun caranya seorang calon ibu harus siap baik secara fisik maupun mental untuk menghadapi hari melahirkan. 

Mempersiapkan Mental 

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara seorang ibu hamil mempersiapkan mentalnya ketika berbagai tanda mau melahirkan sudah mulai bermunculan. Inilah dia beberapa tips persiapan mental sebelum melahirkan : 

1. Banyak Belajar soal Melahirkan 

Ibu hamil disarankan untuk belajar banyak soal proses melahirkan. Hal ini terutama penting untuk dilakukan oleh wanita yang baru pertama kali hamil dan akan melahirkan. Jika anda tahu banyak soal ilmu melahirkan maka anda akan merasa jauh lebih siap untuk menghadapinya. 

Anda bisa belajar dari banyak sumber dengan berbagai cara. Misalnya, yang termudah anda bisa searching di internet seputar informasi melahirkan. Selain itu anda juga bisa membaca buku-buku dengan tema melahirkan. 

2. Sharing dengan Teman 

Silakan berbagi pengalaman dengan teman atau siapapun yang sudah perah memiliki pengalaman melahirkan sebelumnya. Tanyakan hal-hal yang ingin anda ketahui seputar proses kelahiran. Selain itu, mintalah teman anda untuk bercerita secara detail apa yang harus dilakukan selama melahirkan. 

Sharing dengan orang lain akan membuat anda merasa tenang. Ini menjadi salah satu cara efektif untuk memperkuat mental ibu hamil sebelum melahirkan bayinya. 

3. Dengarkan Musik 

Dengarkan musik favorit anda selama menungu waktu melahirkan tiba. Mendengarkan musik bisa membantu mengurangi stres terutama bagi anda yang merasa takut untuk menghadapi hari kelahiran. Selain itu, mendengarkan musik favorit juga bisa membuat anda merasa yakin dan kuat untuk menghadapi proses kelahiran. 

4. Ingat Bayi Anda Menanti untuk Bertemu 

Apalagi yang bisa lebih memotivasi selain anak anda sendiri? Semua ibu hamil tentu menginginkan segera bertemu dengan buah hatinya. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi anda dan ikut membantu memperkuat mental anda sebelum melahirkan. 

Ketika anda merasa takut atau kehilangan tenaga maka ingatlah bahwa di perut anda ada seorang bayi yang menanti untuk bertemu dengan anda. Dijamin, ini akan memberikan kekuatan penuh untuk anda sehingga anda semakin berani menghadapi proses kelahiran. 

5. Minta Bantuan Suami 

Mintalah bantuan suami untuk memberikan dukungan dan menghilangkan rasa takut anda. Suami merupakan pendukung terbaik yang anda miliki selama masa kehamilan maupun saat akan mendekati waktu kelahiran. Ingatlah bahwa suami anda selalu siap menjaga di samping anda jadi tak perlu takut menghadapi proses kelahiran. 

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan mental ibu hamil ketika berbagai tanda mau melahirkan sudah bermunculan. Jangan lupa, motivasi diri anda sendiri bahwa anda bisa melewati proses persalinan dengan lancar.
Tanda Mau Melahirkan : Tips Mempersiapkan Mental sebelum Melahirkan  Tanda Mau Melahirkan : Tips Mempersiapkan Mental sebelum Melahirkan Reviewed by Mutia Olyvia on 11.34 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.